MENGAPA ANDA PERLU MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK?


Penggunaan anorganik yang kita lakukan selama ini telah mengakibatkan kerusakan tanaman. Dampaknya produktivitas tanaman menjadi lebih rendah dari potensi optimalnya. Oleh sebab itu penggunaan pupuk organik tengah digalakkan.

Misalnya pada perkebunan tebu tengah digalakkan gerakan pembuatan dan pemberian kompos (pupuk organik). Hal ini menyikapi degradasi tanah pada perkebunan tebu khususnya di pulau jawab.

Ada beberapa fungsi penting dari pemberian pupuk organik terkait hal di atas. Pemberian pupuk organik dapat mendorong terjadinya perbaikan struktur tanah, serta dapat meningkatkan ketersediaan air.

Disamping itu pemberian pupuk organik dapat meningkatkan kapasitas tukar kation, meningkatkan efisiensi pemupukan, meningkatkan ketersediaan unsur makro dan mikro. Serta meningkatkan aktivitas mikroorganisme tanah dan menetralkan.

Ada berbagai jenis pupuk organik yang bisa Anda gunakan. Salah satunya organo triba. Dan penggunaan organo triba terbukti mampu memberikan hasil yang lebih efektif dibandingkan pupuk kompos biasa (lihat hasil penelitian kami yang juga ada di blog ini).

Mengapa?

Pada dasarnya organo-triba merupakan pupuk organik hasil dekomposisi atau penguraian sampah pasar, seperti halnya pupuk kompos. Namun organo-triba telah diperkaya dengan mikroorganisme untuk meningkatan kemampuannya untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman. Sehingga seperti hal kompos maupun pupuk kandang, organi-triba dapat digunakan untuk setiap jenis tanaman.