TEKNIK PRODUKSI KOMPOS. Bio-TRIBA BT1


Bio-TRIBA BT1 adalah formula bentuk cair mengandung spora Bacillus pantotkenticus dan Trichoderma lactae, masing-masing dengan kepadatan populasi ±106cfu/ml dan ±104cfu/ml Kedua jenis mikrooganisme ini secara simultan menguraikan bahan organik menjadi nutrisi yang dapat digunakan langsung oleh tanaman Produk ini merupakan formula ramah lingkungan, dan dirancang khusus untuk mengolah limbah organik dan telah didaftar hak patennya pada Ditjen HAKI.

Manfaat

  1. Mengolah dan mengurai limbah organik menjadi kompos yang bermutu sehingga hara dapat digunakan tanaman secara sempurna. (Bio-dekomposer)
  2. Membantu mengurangi serangan patogen penting pada tanaman (Bio-Pestisida)
  3. Bacillus dan Trichoderma menghasilkan antibiotik yang dapat menghancurkan jamur patogenik dalam limbah organik Bio-pestisida)
  4. Bacillus dan Trichoderma dapat menghasilkan hormon dan enzim untuk menstimulasi pertumbuhan tanaman (Biofertiliser).
  5. Ramah lingkungan dan aman terhadap manusia. (Eco frendly)

Keunggulan

  1. Formula ini mengandung mikroorganisme indogeneus yang terseleksi dari alam.
  2. Dalam proses pelapukan/penguraian bahan organik mikroba ini menghasilkan beberapa senyawa berupa antibiotic, enzim dan hormon yang dapat merangsang produksi dan pertumbuhan tanaman.
  3. B. pantotkenticus dan T. lactae juga dapat membantu menghambat perkembangan patogen tanah seperti Fusarium oxysporum Phytopthora, Pythium, Rhizoctonia solani, Sclretioum, Rigidoporus lignosus dll.
  4. Pupuk organik/kompos yang dihasilkan mempunyai beberpa keunggulan antara lain : (a) mengandung nutrisi lengkap (b) mengandung senyawa antibiotik bagi patogen, (3) mengandung hormone tumbuh bagi pertumbuhan (4) mengandung mikroorganisme berguna seperti Bacillus, Trichoderma, P. flourescens dan Penicilium.