ORGANOTRIBA MENINGKATKAN JUMLAH TUNAS PADA BIBIT


Organo-triba merupakan kompos yang sudah diperkaya dengan berbagai mikroorganisme. Manfaatnya tidak hanya dapat meningkatkan kesuburan tanah dan produktivitas tanaman (baca artikel sebelumnya, namun juga dapat meningkatkan jumlah tunas pada pembibitan.

Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian Pusat Penelitian Tanaman Rempah dan Aneka Tanaman (12/05 s/d 4/06) yang coba membandingkan dampak penggunaan beberapa jenis campuran media tanam terhadap kualitas bibit jarak pagar. Dimana media tanam yang diuji terdiri atas 4 jenis, yakni tanah-sekam dengan pupuk kandang, tanah-sekam dengan serbuk gergaji, tanah-sekam dengan organo-triba dan tanah-sekam dengan cocoperat. Digunakan seratus bibit untuk setiap aplikasi media tanam.

Hasilnya, bibit dengan organo-triba memiliki tunas lebih banyak dibandingkan yang menggunakan media pupuk kandang maupun serbuk gergaji. Hal ini menunjukkan organo-triba lebih efektif meningkatkan pertambahan tunas dibandingkan dengan pupuk kandang maupun serbuk gergaji .

Tentunya hasil ini cukup menarik, khususnya pada budidaya tanaman yang mementingkan pertambahan daun maupun pertumbuhan pada bibitnya. Misalnya pada penangkaran anakan tanaman hias, dimana semakin banyak daun dari bibit yang dijual maka semakin mahal harga jualnya. Artinya organo-triba dapat digunakan memacu munculnya tunas-tunas baru pada bibit tanaman.

Oleh sebab itu tidak ada salahnya mencoba memanfaatkan organo-triba untuk menggantikan kompos biasa atau pupuk kandang yang sering digunakan dalam pembibitan. Karena selain menyuburkan tanam dan berdampak positif bagi tanaman dewasa juga bermanfaat dalam pembibit.