PRODUKSI BIBIT SEMANGKA DENGAN METODA Bio-FOB


Benih yang digunakan adalah benih yang sudah direkomendasikan oleh Deptan yang sudah tersedia dipasar/toko pertaniaan antara lain; Sugar baby, grand baby, Golden crown , orchid sweet dll.

Untuk memudahkan perkecambahan semangka non biji maka kulit sisi kiri dan kanan diamplas 2 – 3 kali, kemudiaan dilakukan peretakan mulut benih dengan guting kuku/tang kecil atau sejenisnya. Pada waktu peretakan benih usahakan jangan sampai endosperma rusak. Benih yang belum/sudah diretakkan sebaiknya tetap disimpan dalam kemasan, karena apabila disimpan diluar akan cepat menyerap uap air.

Selanjutnya benih semangka (non biji dan berbiji) dicuci dari lendir, kemudian benih-benih itu dicelup dalam larutan Bio-FOB EC selama 10 – 20 menit (sedangkan semangka berbiji 3 -4 jam). Kalau menggunakan Bio-FOB WP maka setelah dicuci dimasukkan ke dalam kantong plastik yang telah mengandung Bio-FOBWP.

Setelah benih ditiriskan habis pencelupan, selanjutnya dibungkus dengan kertas koran basah, Kemudian dimasukkan ke dalam kaleng pemeraman bisa dari bekas kaleng biskuit. Bagian dasar kaleng dilapisi dengan pasir setebal 5 cm dilapisi dengan kertas koran yang diusahakan selalau lembab. Pemeraman dapat dilakukan selama 1– 2 hari tergantung keadan bibit dalam kondisi hangat 25 – 30 C dalam ruangan pemeraman yang diterangi dengan lampu 15 watt.

Benih yang selesai diperam telah tumbuh calon akar (radikel) 2 – 3 mm. Apabila terlalu panjang ada kemungkinan calon akar patah. Benih yang sudah muncul calon akarnya harus segera disemaikan di polibag, sedangkan benih yang belum muncul calon akarnya harus diperam lagi.

Media tumbuh dalam polibag adalah campuran Organo-TRIBA + tanah yaitu (1:2) + NPK. Benih dimasukkan kedalam polibag sedalam 1,5 cm dengan posisi tidur, ujung calon akar menghadap kebawah, kemudiaan ditutup dengan organik-FOB, kemudiaan disimpan dalam sungkup. Selama 2 hari sungkup tidak dibuka dalam setiap saat agar diperiksa kondisi bibit. Setalah 10 – 14 hari bibit siap ditanaman di lapangan.

Bahan dan alat digunakan antara lain adalah; 3 macam formula Bio-FOB, paranet 25- 35% cahaya, Organo-TRIBA rumah kaca/plastic, pentuntunasan paranet 35%dan Mitol 20EC.