PEMBERIAN BAHAN ORGANIK UNTUK SAWIT DI LAHAN MARGINAL, PENTING!!

Bahan organik sangat diperlukan untuk meningkatkan efisiensi pemupukan di lahan-lahan yang tanahnya didominasi oleh pasir (tanah marginal) karena hara seringkali tercuci sehingga tidak dapat dimanfaatkan oleh tanaman. Akibatnya tanaman mengalami defisiensi hara yang parah. Pemberian bahan organik dapat meningkatkan kapasitas tukar kation (KTK) tanah sehingga dapat menyimpan unsur hara dan melepaskannya kepada tanaman serta mengurangi kehilangan unsur hara.

Bahan organik (dapat dibuat dari limbah sawit, dengan tambahan biotriba, tambahan. red) juga dapat menyimpan air dan memasok nutrisi bagi kehidupan mikroorganisme yang berguna bagi tanaman. Aplikasi bahan organik di sekitar tanaman kelapa sawit dapat merangsang tumbuhnya feeding root di dekat permukaan tanah sehingga penyerapan hara lebih mudah dan optimal.

Gambar. Akar yang muncul ke permukaan tanah setelah aplikasi bahan organik

Untuk menambah bahan organik dapat memanfaatkan limbah kebun kelapa sawit sendiri, seperti tandan kosong (empty bunch) atau limbah cair pabrik. Aplikasi tandan kosong sebanyak 60 ton/ha atau limbah cair pabrik 350 m3/ha/tahun terbukti dapat meningkatkan produktivitas tanaman (Prof. Dr. Hj. Tati Nurmala, Fakultas Pertanian UNPAD, dikutip dari majalah Media Perkebunan edisi Februari-Maret).